Tim KKN Virtual Unpad “Petabison” Gelar Seminar Daring

[unpad.ac.id, 4/8/2020] Tim KKN Virtual Unpad 2020 “Petabison” menggelar Seminar Daring dengan tema “Pemetaan Para Pelaku Bisnis Online Melalui Model Optimisasi dan Analisis Media Sosial” pada Jumat, (24/7). Webinar ini digelar sebagai bagian dari sosialisasi penggunaan media sosial dan model optimasi bagi para pelaku bisnis.

Dalam webinar tersebut juga dipaparkan data terkini keadaan dari UMKM di Jawa Barat dan juga hasil penelitian yang juga dilakukan oleh Tim KKN Petabison sendiri.

Tim KKN Petabison berada di bawah bimbingan dosen Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpad Dr. Diah Chaerani S.Si, M.Si dengan topik “Pemetaan Pelaku Bisnis Online Melalui Model Optimisasi dan Analisis Media Sosial dalam Rangka Studi Peningkatan Manajemen Usaha”.

“Tim KKN kami juga bekerjasama dengan Locarvest.id sebagai salah satu start up di bidang pangan. Kami akan menerapkan model optimisasi ini sebagai salah satu bentuk peningkatan manajemen usaha karena model optimisasi ini dapat digunakan untuk menghitung masa ketahanan sebuah bahan pangan dan bisa digunakan sebagai acuan berapa lama bisa menyimpan bahan pangan tersebut,” ujar Dr. Diah saat menjadi pembicara pada wbinar tersebut.

Selain Dr. Diah, bertindak sebagai pembicara Rifqi Firmansyah, S.T selaku Ketua BPD Sahabat UMKM Jawa Barat yang memaparkan materi mengenai “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM Jawa Barat” dan Hanifa Hasna Perdana S.TP selaku Chief Marketing Officer Locarvest.id yang memaparkan materi “Sosialisasi Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Manajemen Usaha Pada Masa Pandemi Covid-19”. Dr. Diah sendiri memaparkan materi “Model Optimisasi dan Analisis Media Sosial dalam Pemetaan Bisnis Online”.

“Diharapkan dengan adanya kerja sama antara Tim KKN ini dengan Sahabat UMKM Jawa Barat dapat membantu para masyarakat khususnya pemilik UMKM menemukan sebuah solusi untuk meningkatkan usahanya teutama di tengah Pandemi Covid-19,” ujar Rifqi.

Webinar ini dihadiri oleh 40 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, dan dari beragam latar belakang profesi. Pelaksanaan webinar ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan usahanya. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para akademisi untuk terus melakukan penelitian yang dapat memberikan solusi inovatif dan kreatif untuk masyarakat secara luas. (art)*

Rilis: Sabilah Nur Lathifah

Leave a Reply