Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika dalam menghadapi dunia kerja. Matematika sangat berperan dalam membantu penyelesaian berbagai aspek kehidupan dan pengembangan ilmu dan teknologi. Dengan kemampuan abstraksi dan nalar yang tinggi, khususnya melalui pemodelan matematika, lulusan program studi Matematika FMIPA Unpad akan dapat berperan secara aktif dalam penyelesaian berbagai masalah yang ada dalam masyarakat tersebut.

Terdapat dua Kelompok Bidang Peminatan (KBM) di pada departemen Matematika FMIPA Unpad, yaitu KBM Matematika Murni dan KBM Matematika Terapan. KBM Matematika Murni terdiri dari dua Kelompok Bidang Keahlian (KBK), yaitu KBK Aljabar dan KBK Analisis dan Geometri), sementara KBM Matematika Terapan terdiri dari empat KBK, yaitu  KBK Pemodelan Stokastik, KBK Matematika Biologi dan Lingkungan, KBK Riset Operasi dan Optimasi, serta KBK Matematika dan Keuangan.

Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Sains (S.Si) untuk program studi S-1 Matematika, dan Magister Sains (M.Si.) untuk program Studi S-2 Matematika.

source : http://www.unpad.ac.id/fakultas/matematika-ipa/matematika/