Departemen Matematika yang pada awal berdirinya bernama Jurusan Matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad  didirikan pada tanggal 22 Oktober 1958, dengan SK Menteri P.P.K. No.102333/S dan disahkan oleh Menteri Pendidikan, Pengadjaran dan Kebudajaan pada waktu itu, Program Studi pada Departemen Matematika bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika dalam menghadapi dunia kerja. Matematika sangat berperan dalam membantu penyelesaian berbagai aspek kehidupan dan pengembangan ilmu dan teknologi. Dengan kemampuan abstraksi dan nalar yang tinggi, khususnya melalui pemodelan matematika, lulusan program studi Matematika FMIPA Unpad akan dapat berperan secara aktif dalam penyelesaian berbagai masalah yang ada dalam masyarakat tersebut. Program studi Matematika berhasil meraih akreditasi “A” dari BAN PT dengan nomor 030/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/I/2013.

Saat ini Departemen Matematika Universitas Padjadjaran memiliki dua Program Studi, yaitu Program Studi S-1 Matematika dimana lulusannya nanti akan memiliki gelar Sarjana Sains (S.Si.) dan Program Studi S-2 Matematika dimana lulusannya nanti akan memiliki gelar Magister Sains (M.Si.)

Pada Departemen Matematika terdapat dua  peminatan bagi dosen dan mahasiswa , yaitu: Kelompok Bidang Peminatan (KBM) Matematika Murni dan KBM Matematika Terapan. Kelompok dosen pada KBM Matematika Murni terdiri dari dua Kelompok Bidang Keahlian (KBK), yaitu: KBK Aljabar serta KBK Analisis dan Geometri), sementara KBM Matematika Terapan terdiri dari empat KBK, yaitu:  KBK Pemodelan Stokastik, KBK Matematika Biologi dan Lingkungan, KBK Riset Operasi dan Optimasi, serta KBK Matematika Keuangan.

Prospek Kerja:
Alumni dari Program Studi Matematika FMIPA Unpad sebagian besar bekerja di lembaga-lembaga pemerintahan, diantaranya perguruan tinggi, bank, rumah sakit, Batan, LIPI, Bakosurtanal, Lapan dan berbagai BUMN, seperti Telkom, PLN, PAM, serta perusahaan swasta dalam dan luar negeri (Chevron, Mobil Oil, Caltex, IBM, Penerbangan) dan lain-lain.